Sabtu, 26 Februari 2011

UANG HARAM BEA CUKAI DAN UPS

Pengalaman Pribadi Redaksi berbelanja dari Luar Negri dan kebetulan,
menggunakan JASA UPS di PAKSA membayar PAJAK entah berantah !
Kalau tidak BARANG tidak diberikan
Gilanya PAJAK tersebut hampir menyamai harga barang dan melebihi Ongkos !
dan Item-item yang mengada-ada !
Harga barang NGAK sampai 300ribu..
Ongkos Resmi dari sana ( Hongkong ) $ 262 ( sekitar 250ribu )
dan mereka menagih hampir 264ribu !
gilanya Tanpa Konfirmasi sebelumnya mereka menyodorkan Tagihan Entah Berantah ini !
Lihat Gambar SCAN Tagihan mereka :

Semoga direndam di Neraka
semua Aparat Bea Cukai dan yang terlibat,
Tak selamat mereka semua Anak beranak
MAKAN UANG HARAM !!!
benar - benar tak beres Aparat Indonesia ini !!!
dimana-mana KORUPSI dan MANIPULASI !!!
Pengalaman ini bukan pertama,
telah banyak korban lain.. Silahkan KLIK DISINI..



Semua tidak Ikhlas dan Murka pada UPS, FEDEX, DHL dan sejenisnya..

Baca di Halaman Bawah, telah Redaksi Copy Paste-kan sebagian..



HALAMAN COPY - PASTA :


1.   Keluhan Terhadap FedEx

Gw akan ceritain kasus sama fedex ini. Jadi gw beli barang dari US melalui Ebay. Seller dari ebay ini mau ngirim ke Indo dengan ongkir yang cukup murah, sekitar $30 untuk 2 items. Ternyata jasa pengiriman yang digunakan itu tidak ada tracking numbernya, akhirnya gw dikasih pilihan untuk menggunakan jasa lain & dikasih tracking number. Dengan ongkos yang lebih mahal, tapi gw berpikir gak masalah lah, yang penting barang gw bisa dipantau.

Ternyata jasa pengiriman yang digunakan seller itu FedEx .Gw merogoh kocek $59.98 untuk shipping + $ 112.48 untuk harga barang. Jadi total semuanya $ 172.46. Pengiriman memang cepat, seminggu udah sampai jakarta. Tetapi status dari tanggal 6/12/2010, held unable to collect payment trus sampai hari ini 9/12/2010. Barang gak dikirim" ke tempat tujuan (gw minta dikirimin ke alamat kantor temen gw). Akhirnya gw telpon deh ke customer servicenya 021-75998800

percakapan gw kurang lbh bgini

Gw: mas saya mau menanyakan barang saya dgn tracking number xxxxx.xxxxxx. Kok statusnya held unable to collect payment trus yaa?

CS: oo itu ada masalah pemabayran yang harus dibayar

Gw: berapa mas?

Cs: Rp. 860.000

Gw: wah banya banget. utnuk apa aja tuh?boleh saya minta rincian dikirim ke email saya?

Cs: Ok pak, akan segera dikirim

Gw: Oia untuk masalah paket itu, kok gak dikirm" yaa?statusnya di kantor fedex trus

Cs: itu udh kami kirim, tp gak ada yg nerima pak


akhirnya gw tutup telponnya & menghubungi temen gw. gw blg kalo barang udh dkirim pake kurirnya fedex ke kantornya, tp gak ada yg nerima. Tp tmn gw blg,nggak ada pak pos/kurir/paket sama sekali dkantornya.padahal dia tgl 6/12/2010 kmrn di kantor trus seharian.


setah itu gw cek email, gw baca rinciannya & biayanya ada yg mengada"

Duty tax : Rp.425.000
anvance fee 2% : Rp. 50.000 ???
admin charge : Rp. 50.000 ????
handling charge : Rp. 250.000 ?????
Vat 10% : Rp. 35.000 ????
Bank charge : Rp. 50.000 ????
warehouse fee : Rp. 0
Total : Rp. 860.000

Coba lo bayangin gan, dr harga barang yg senilai $ 112.48, gw di charge hampir 80% dr nilai barang sebesar Rp. 860.000. Kalo duty tax gw msh bs nerima deh, toh brg gw nilainya diatas $50, mknya kena pajak. tapi biaya yg lainnya itu loh, gila bgt. padahal gw udh byr ongkos kirim ke FedEx nya sebesar $ 59.98, masa disini di charge lg????gila bgt kan. ongkirnya aja udh sejutaan lebih. smp skrg (9/12/2010) brg gw blm dkirim" & dgn terpaksa gw HARUS ambil sendiri di kantor FedEx

2.  pengalaman gw beli brg dr luar n kirim ke indo yg nilainya di atas 50 dolar, kena tax tp gk bribet2 n bnyk bgt rinciannya kyk kasus lo ya?


gw wktu itu beli total ama shipping jd skitar 130 dolar


n bgitu brg sampe jkt, gw dpt surat suruh ambil brg d kantor cukai n kena pajak sebesar:

bea masuk 25% + ppn 10 % + pph 7.5 % dari total nilai Cost, Insurance and Freight (CIF) yg sebesar 130 dolar di atas yang telah dikurangi 50 dolar (batas kena tax)


jd totalnya (25%+10%+7.5%) x 80 usd = 34 usd x 9000 = 306.000


abis dibayar udah deh brg tinggal bawa pulang dr kantor cukainya


tapi itu sih gw pake EMS dari us 7 hari pas sampe indo, bukan dari fedex, gw kira fedex yg lbh mahal dr ems tapi handling tax dll bisa mreka cover n biayanya bisa di teken drpd yg laen gt, taunya malah lbh parah ya? ck ck ck



btw status brgnya gmn skrg? udah diambil n bayar sejumlah di atas? apa blm diambil?


harusnya minta penjabaran rinci angka itu dpt dr mana aja, sekian2 persennya diitung dari apa aj etc, klo cuma email kyk di atas doang mah anak bocah juga bisa ngarang2 biayanya

liat aja, handling fee 2% = 50.000, brati 2% dari 2.500.000 (total barang lo aja cuma 170an usd )


vat 10% = 35.000, brati 10% dari 350.000 (lah kok beda ama yg di atas?? 350.000 dari mana lagi itu?)

3. keep the spirit man! saya juga masih berjuang. yang kayak gini ini harus dibasmi. laporkan ke Better Business Bureau, dispute ke seller, kalau perlu cari pengacara lokal, atau KPK untuk masalah pidana yang mungkin terjadi. saya mencium ada yang tidak beres di masalah penyetoran duty/customs fee-nya

1 komentar:

  1. pengalaman saya nih... barang sampai sekarang masih tertahan dipihak bea cukai itu menurut pihak UPS indonesia. katanya pihak bea cukai meminta surat izin perdagangan... padahal barang tersebut akan saya gunakan untuk pribadi, jadi kalau saya harus memberikan dokumen tersebut saya harus membuat perusahaan dulu baru bisa mengambil barang tersebut, padahal nilai invoice sekitar 25 GBP. atau sekitar Rp. 365.000, dari pihak UPS memberikan solusi agar saya membuat surat pernyataan bahwa barang tersebut adalah untuk dipergunakan sendiri dan tanda tangan diatas materai. setelah saya memberikan surat pernyataan tersebut saya menunggu seminggu lamanya dan kasilnyapun menurut pihak UPS tetap tidak bisa mendapatkan persetujuan. akhirnya saya mengambil keputusan untuk mengembalikan barang tersebut ke shippernya...
    mau diapalagi.... barang tidak bisa saya miliki

    BalasHapus